Google blog Hati-Hati dengan SEO ~ Blog for business

Friday, 2 August 2013

Hati-Hati dengan SEO


Gambar sisip 1Memasarkan blog harus hati-hati karena salah strategi dapat mengakibatkan blog kita tidak ditampilkan disemua situs pencari. Ketika memanajeri upaya SEO, pemilik usaha harusnya tak hanya tahu soal taktik yang efektif menaikkan peringkat, tetapi juga apa-apa saja yang bisa membuat situs kita bermasalah.

Konten situs haruslah relevan dengan konsumen dan bisnis yang dijalankan. Selain itu, perlu diingat pula bahwa sebaiknya kita tidak mengakali algoritma Google dengan manuver yang licik.


Berikut empat strategi SEO yang bisa merusak peringkat situs.


Membeli link


Ada ribuan situs dan layanan yang akan mencoba meyakinkan kita membayar agar situs lain me-link ke situs kita. Tapi apakah situs-situs tersebut berhubungan dengan industri yang kita geluti? Apakah situs-situs tersebut memiliki reputasi yang baik?


Jika ada situs terkenal yang link back ke situs kita, hal itu bagus untuk SEO. Tapi jika Google tahu bahwa kita membayar link, maka ia bisa menghapus situs kita dari hasil pencarian. Itu artinya, situs kita tidak akan tampil dalam hasil pencarian mana pun.


Merilis konten tak relevan


Konten haruslah relevan dengan konsumen dan bisnis yang kita jalankan. Jika kita pemilik situs penjualan bahan bangunan, maka kita tak perlu berbicara tentang perhotelan. Di mata Google, situs penjualan bahan bangunan yang memiliki konten tentang perhotelan bisa membingungkan.


Google menghargai pengalaman pengguna dan jika kita membuktikannya kepada konsumen, maka Google pasti akan melihatnya dan menghargai situs kita.


Komentar spam


Beberapa pemilik bisnis memutuskan untuk menggunakan layanan untuk melakukan spam situs dengan memasukkan sebuah link back ke situs-situs tersebut. Idenya adalah untuk menyebarkan link ke situs kita melalui situs yang relevan dengan bisnis kita.


Cara tersebut bisa merusak merek kita apabila pelanggan atau pelanggan potensial melihat bahwa link-link tersebut berasosiasi dengan komentar yang bersifat spam dan tidak ditulis dengan baik.


Link anchor text berlebihan


Sebuah link anchor text merupakan sebuah kata kunci atau kalimat spesifik dalam teks pada situs yang hyperlink ke suatu URL situs. Misalnya, "situs marketing keren" di mana anchor text tersebut me-link ke Marketing.co.id


Link kata kunci bisa bermanfaat baik bagi SEO, tapi kita harus menggunakannya dengan hati-hati. Dalam rangka membangun peringkat terbaik, rasio kata kunci harus tampil normal agar Google tidak menilai aneh. Itu artinya, kita harus memiliki banyak link kata kunci untuk berbagai variasi kata kunci. Misalnya, jika kita ingin memeringkatkan kalimat "cara memasarkan sepatu olahraga", maka kita harus membangun link kata kunci seperti:

  • Cara memasarkan sepatu olahraga
  • Pemasaran sepatu olahraga
  • Tips memasarkan sepatu olahraga
  • Berapa harga sepatu olahraga
  • Dan lain-lain

Kata kunci kalimat-kalimat di atas berhubungan dengan hal-hal yang diinginkan konsumen ketika mereka mencari "cara memasarkan sepatu olahraga".


Sudahkah strategi SEO Anda aman bagi situs? Selamat mencoba tips di atas!


0 comments:

Post a Comment

don't spam