Google blog August 2013 ~ Blog for business

Tuesday, 13 August 2013

Anda Layak Dapat Promosi

Gambar sisip 2Banyak karyawan yang merasa sudah mencukupi persyaratan untuk mendapatkan promosi karier. Entah itu karena yang bersangkutan telah lama bekerja, berhasil melampaui target yang ditetapkan, hingga faktor kedekatan dengan bos.

Akan tetapi, bagi karyawan yang sudah merasa berhak mendapatkan promosi, akan lebih baik menyimak tujuh poin untuk melihat apakah mereka telah benar-benar bisa memperoleh kenaikan jabatan beserta tunjangannya. Meskipun remeh, terkadang hal itu juga menjadi sebuah tanda bahwa Anda memang layak mendapatkan promosi jabatan. 

Berikut adalah tujuh hal yang menentukan seseorang layak mendapatkan promosi, sebagaimana dikutip dari Business Insider, Senin (12/8/2013)

1. Mendapat Poin Penilaian yang Lebih

Angka memang bukan satu-satunya faktor yang menjadi pertimbangan bahwa karyawan bisa memperoleh promosi. Namun, justru dari angka inilah, poin awal mengenai karyawan bisa dipertimbangkan ketika memberikan promosi-tetapi mereka dapat menjadi tempat yang baik untuk memulai. 

Melalui penilaian yang bersifat kuantitatif, perusahaan bisa menentukan bahwa seorang karyawan telah mencapai atau bahkan melampaui target yang ditetapkan. Dalam hal ini, perusahaan bisa mengandalkan catatan mengenai karyawan yang bersangkutan, seperti target penjualan dalam beberapa waktu terakhir. Tentu saja, yang memperoleh nilai bagus, akan terbuka kesempatan untuk dipromosikan.

2. Tidak Terburu-buru Pulang

Ini sebenarnya masalah sepele, dan sebenarnya perusahaan tidak terlalu mempermasalahkan karyawannya untukpulang tepat waktu. Akan tetapi, jika karyawan bisa bertahan di kantor agak lama, hal itu akan memberikan nilai tambah bagi yang bersangkutan. Karyawan yang pulangnya melampaui jam kantor yang ditetapkan, menunjukkan bahwa dia anggota tim yang selalu siap untuk bekerja.

DIa juga siap melakukan pekerjaan-pekerjaan yang mendesak, kendati jam kerjanya telah terlampaui. Perusahaan akan memberikan perhatian yang lebih kepada karyawan yang seperti ini.

3. Selalu Memberikan Solusi ketimbang Komplain

Hampir semua level karyawan pernah melakukan komplain, mulai dari staf, manajer, bahkan hingga CEO. Karyawan yang meninjol bukanlah mereka yang tidak pernah komplain. Akan tetapi, mereka adalah orang-orang yang bisa memberikan solusi setelah komplain. 

Karyawan yang bisa memberikan solusi adalah karyawan yang bertanggung jawab, sekaligus jadi poin untuk meraih promosi jabatan. Hal ini karena mereka bersangkutan adalah tipe orang tidak pernah puas dengan kondisi yang ada, dan berusaha untuk melakukan perbaikan melalui solusi-solusi yang ditawarkan.

4. Mau Berbagi Pengetahuan dengan Karyawan Lain

Ada banyak orang pintar yang bekerja di satu perusahaan. Namun di antara orang-orang pintar itu, ada yang paling layak mendapatkan promosi jabatan. Mereka adalah karyawan yangtak pelit untuk berbagai ilmu dengan karyawan lainnya. Biasanya, karyawan ini berinisiatif untuk mengajari karyawan lain seputar pekerjaanya.

Dengan demikian, karyawan lain bisa mendapatkan benefit atas keberadaan orang tersebut, sekaligus hal itu menjadi modal baginya untuk berkembang.

5. Selalu Mengembangkan Kemampuan

Mungkin dalam satu perusahaan, ada karyawan yang sudah puas dengan kemampuan yang dimilikinya. Namun, yang perlu digarisbawahi adalah ada karyawan yang selalu ingin berkembang, dan karyawan inilah yang mendapatkan nilai tambah. 

Karyawan ini selalu mencari informasi-informasi baru, hingga mengikuti berbagai pelatihan untuk menguatkan kemampuannya. Dengan cara ini, mereka menyempurnakan kemampuan yang dimilikinya.

6. Punya Gagasan dan Menerima Saat Dikritik

Tidak banyak karyawan yang punya gagasan mengenai apa yang harus dilakukan oleh perusahaan. Karyawan yang proaktif menanyakan tentang kinerja perusahaan, mereka adalah karyawan memiliki inisiatif untuk tumbuh dalam peran yang mereka jalankan.

Di sisi lain, seorang karyawan yang pantas memperoleh nilai tambah adalah mereka yang bisa menerima masukan dari karyawan lain, dan menjadikan masukan itu sebagai acuan untuk memperbaiki kinerja.

7. "Bercanda" tentang Karier

Dalam sebuah meeting, terkadang seorang karyawan melontarkan candaan mengenai kariernya. seseorang. Karyawan yang berani melontarkan candaan itu, berarti dia secara tidak langsung memiliki motivasi untuk berkembang, dan dia akan melakukan upaya untuk mencapai tujuannya itu. Karyawan yang memiliki ambisi untuk maju, biasanya tidak membiarkan bosnya melupakan kinerja yang telah dicapainya.

Friday, 2 August 2013

Hati-Hati dengan SEO


Gambar sisip 1Memasarkan blog harus hati-hati karena salah strategi dapat mengakibatkan blog kita tidak ditampilkan disemua situs pencari. Ketika memanajeri upaya SEO, pemilik usaha harusnya tak hanya tahu soal taktik yang efektif menaikkan peringkat, tetapi juga apa-apa saja yang bisa membuat situs kita bermasalah.

Konten situs haruslah relevan dengan konsumen dan bisnis yang dijalankan. Selain itu, perlu diingat pula bahwa sebaiknya kita tidak mengakali algoritma Google dengan manuver yang licik.


Berikut empat strategi SEO yang bisa merusak peringkat situs.


Membeli link


Ada ribuan situs dan layanan yang akan mencoba meyakinkan kita membayar agar situs lain me-link ke situs kita. Tapi apakah situs-situs tersebut berhubungan dengan industri yang kita geluti? Apakah situs-situs tersebut memiliki reputasi yang baik?


Jika ada situs terkenal yang link back ke situs kita, hal itu bagus untuk SEO. Tapi jika Google tahu bahwa kita membayar link, maka ia bisa menghapus situs kita dari hasil pencarian. Itu artinya, situs kita tidak akan tampil dalam hasil pencarian mana pun.


Merilis konten tak relevan


Konten haruslah relevan dengan konsumen dan bisnis yang kita jalankan. Jika kita pemilik situs penjualan bahan bangunan, maka kita tak perlu berbicara tentang perhotelan. Di mata Google, situs penjualan bahan bangunan yang memiliki konten tentang perhotelan bisa membingungkan.


Google menghargai pengalaman pengguna dan jika kita membuktikannya kepada konsumen, maka Google pasti akan melihatnya dan menghargai situs kita.


Komentar spam


Beberapa pemilik bisnis memutuskan untuk menggunakan layanan untuk melakukan spam situs dengan memasukkan sebuah link back ke situs-situs tersebut. Idenya adalah untuk menyebarkan link ke situs kita melalui situs yang relevan dengan bisnis kita.


Cara tersebut bisa merusak merek kita apabila pelanggan atau pelanggan potensial melihat bahwa link-link tersebut berasosiasi dengan komentar yang bersifat spam dan tidak ditulis dengan baik.


Link anchor text berlebihan


Sebuah link anchor text merupakan sebuah kata kunci atau kalimat spesifik dalam teks pada situs yang hyperlink ke suatu URL situs. Misalnya, "situs marketing keren" di mana anchor text tersebut me-link ke Marketing.co.id


Link kata kunci bisa bermanfaat baik bagi SEO, tapi kita harus menggunakannya dengan hati-hati. Dalam rangka membangun peringkat terbaik, rasio kata kunci harus tampil normal agar Google tidak menilai aneh. Itu artinya, kita harus memiliki banyak link kata kunci untuk berbagai variasi kata kunci. Misalnya, jika kita ingin memeringkatkan kalimat "cara memasarkan sepatu olahraga", maka kita harus membangun link kata kunci seperti:

  • Cara memasarkan sepatu olahraga
  • Pemasaran sepatu olahraga
  • Tips memasarkan sepatu olahraga
  • Berapa harga sepatu olahraga
  • Dan lain-lain

Kata kunci kalimat-kalimat di atas berhubungan dengan hal-hal yang diinginkan konsumen ketika mereka mencari "cara memasarkan sepatu olahraga".


Sudahkah strategi SEO Anda aman bagi situs? Selamat mencoba tips di atas!